Cara Melakukan Self Therapy Menggunakan Teknik EFT

EFT (Emotional Freedom Technique) adalah sebuah teknik yang efektif dan sangat mudah dipelajari dan diterapkan untuk mengatasi emosi negatif yang sudah lama bersarang didalam tubuh kita. teknik ini ada kaitannya dengan pikiran, pengalaman masa lalu, biasanya tersimpan didalam alam bawah sadar.

Menurut Ilmu Penyembuhan Tradisional Cina, ada beberapa titik pada tubuh Anda yang dapat ditotok / ditepuk dengan lembut menggunakan ujung jari tangan, sembari mengulang-ulang kalimat afirmasi yang dapat mempengaruhi pikiran.

Teori yang mendasari teknik ini melibatkan medan energi tubuh, atau yang disebut “meridian” oleh bangsa Cina kuno. Meridian tubuh adalah aliran / sungai energi yang mengalir di seluruh tubuh kita. Biasanya jika ada aliran yang tersumbat di daerah tertentu maka akan menimbulkan penyakit tertentu didalam tubuh kita, selain berpengaruh ke fisik juga berpengaruh kepada emosi manusia. Ketika kita merasa marah tentunya ada daerah tertentu di dalam tubuh kita yang merasa tidak nyaman, itu menandakan bahwa energi marah tersebut berkumpul didalam tubuh tertentu, sehingga kita merasa tidak nyaman.

Berikut langkah – langkah untuk melakukan teknik EFT (Emotional Freedom Technique) :

  1. Tentukan emosi negatif (atau persoalan) yang menimbulkan masalah, kemudian identifikasi intensitas emosinya dengan memberi level dari 0 sampai 10. 0 untuk “tidak ada” dan 10 untuk yang paling parah.
  2. Buatlah kalimat afirmasi untuk nanti kemudian dibacakan. Sebagai contoh, “Sekalipun aku merasa tegang dan marah ketika orang asing menatapku, aku sepenuhnya dan benar-benar menyayangi, memaafkan dan menerima diri sendiri”. Atau, “Sekalipun amarahku tak terbendung ketika ada orang yang menjelek-jelekkanku, aku sepenuhnya dan benar-benar menyayangi, memaafkan dan menerima diri sendiri”. Atau, “Sekalipun aku merasa terluka, sedih and hancur karena (nama orang) telah mencampakkan aku, aku sepenuhnya dan benar-benar menyayangi, memaafkan dan menerima diri sendiri”.
  3. Ulangi afirmasi yang Anda buat sebelumnya sambil menotok / menepuk ‘titik pukul karate’ – titik lembut pada tangan – tepat di bawah jari kelingking. Totok titik itu 7 kali (meskipun sebenarnya tidak perlu dihitung).
  4. Munculkan kalimat afirmasi. afirmasi ini akan diucapkan sambil menotok titik-titik meridian lainnya. Frasa pengingat adalah pengingat singkat atas frasa pengaturan, misalnya “orang-orang asing memandangiku”, “benci dipandangi”. Atau, “(nama orang) mencampakkan aku”, “mencampakkan aku!”, “merasa kecewa”, dsb.
  5. Totok atau tepuk semua titik berikut, sambil mengulang kalimat afirmasi Anda:
    • Alis bagian dalam, tepat di atas “sudut” dalam mata, pada bagian tulang.
    • Mata luar: tepi luar mata, pada tulang.
    • Di bawah mata: di bawah bagian tengah mata, lagi-lagi pada tulangnya.
    • Di bawah hidung, antara hidung dan pipi.
    • Pada dagu, tepat di tengah pada lipatan.
    • Pada bagian dada. Cari tulang berbentuk “U” di bawah tenggorokan Anda, turun sekitar 5 cm, kemudian sekitar 5 cm ke kiri atau ke kanan.
    • Di bawah lengan: tempat tali kutang atau sekitar 8 cm di bawah lipatan lengan.
    • Sebagian orang suka menotok titik pergelangan tangan pada tahap ini: Bagian dalam pergelangan saling berhadapan, totok perlahan secara bersama-sama.
    • Atas kepala: di bagian tengah.
  6. Sekarang setelah Anda menyelesaikan putaran pertama pengetukan, tanyakan pada diri sendiri berapa kadar emosi/perasaan/ketidaknyamanan Anda, dengan skala 1 sampai 10 lagi. Apakah sudah menurun kadar emosi tersebut?
  7. Ulangi proses tersebut sampai akhir putaran terakhir, ketika Anda memberi nilai pada skala 1 sampai 10, hasilnya kurang dari atau sama dengan 2. Pada contoh frasa di atas, frasa pengaturan terakhir Anda bisa berbunyi, “Sekalipun aku merasa sedikit marah / sedih / depresi akan (nama situasi), aku memilih membiarkannya pergi karena perasaan/emosi itu tak lagi ada pengaruhnya bagiku.”
  8. Kemudian frasa pengingat Anda bisa menjadi “Aku bebas dari ini sekarang”, “Aku tak membutuhkannya lagi”, “Aku kuat dan percaya diri”, dsb.

Demikian prosedur dalam melakukan Teknik EFT (Emotional Freedom Technique). sebaiknya dilakukan setiap hari. karena seharian kita dihadapkan dengan masalah yang membuat stress dan memiliki emosi negatif yang terperangkap didalam tubuh. untuk itu sangat disarankan untuk melakukan evaluasi dimalam hari untuk mereview emosi apa saja yang selama ini yang sudah pendam di dalam diri dan coba praktekkan teknik EFT untuk melepaskannya dan rasakan khasiatnya anda akan merasa plong ringan serta legah setelah anda melakukan teknik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.