Lebih Fokus Menyelesaikan Tugas Dengan Teknik Pomodoro

Sebagai pelajar atau mahasiswa belajar merupakan hal yang utama untuk menguasai suatu pelajaran. permasalahannya muncul ketika seseorang sudah menghabiskan waktu untuk belajar tetapi belum juga bisa untuk menguasai mata pelajaran tersebut. ada banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah kurangnya fokus untuk belajar. Nah, kali ini kita akan bahas suatu teknik yang dapat digunakan agar kita lebih fokus dalam belajar.  Teknik ini disebut Teknik Pomodoro, Teknik Pomodoro diciptakan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980. Kata pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia, yang berarti tomat. Dinamai demikian karena Cirillo menggunakan timer berbentuk tomat saat mengelola waktunya. Selain digunakan untuk belajar teknik pomodoro juga efektif untuk digunakan dalam membuat suatu tugas ataupun pekerjaan agar dapat lebih fokus.

Konsep teknik Pomodoro adalah sangat sederhana yaitu mengerjakan sebuah tugas dalam blok-blok waktu 25 menit. Di antara setiap blok waktu, ada istirahat 5 menit. Setelah menyelesaikan 4 blok waktu, istirahat dapat dilakukan lebih lama, kurang lebih 20 – 30 menit.

Berikut cara untuk melakukan teknik pomodoro :

  1.  Pilih sebuah tugas yang ingin diselesaikan.
  2. Set timer menjadi 25 Menit, Timer bebas tidak harus timer berbentuk tomat.
  3. Kerjakan tugas tersebut, dan usahakan untuk tidak membuka hal hal yang dapat mendistraksi kerjaan kamu. seperti membuka handphone atau beralih ke yang lain.
  4. Berhenti untuk mengerjakan ketika timer sudah berbunyi atau sudah selesai.
  5. Tandai sampai mana kamu mengerjakannya.
  6. Set timer menjadi 5 menit, dan istirahatlah.
  7. Ketika waktu 5 menit sudah selesai, set kembali timer 25 menit.
  8. Lakukan kembali kerjaan yang tadi sempat terhenti. hingga waktu 25 menit habis
  9. Ulangi hal tersebut sampai 4 atau 5 kali, Kemudian istirahat panjang sekitar 20 – 30 menit. Kamu bisa set timer kembali saat istirahat panjang.
  10. Setelah istirahat panjang, anda masih bisa mengulangi prosedur ini dari point 2 sampai pekerjaan atau tugas anda selesai.

Kesimpulannya keberhasilan dari teknik ini adalah kepatuhan untuk mengikuti waktu yang diberikan. Selain itu diawal Anda mungkin cukup sulit menjalani teknik ini dalam keseharian. Teknik ini menawarkan efisiensi untuk dapat fokus, sebab istirahat di sela-sela tugas dapat membuat pikiran Anda akan tetap fokus dan segar.

Sebaiknya, istirahat 5 menit tersebut Anda pakai untuk mengambil minuman atau berjalan keliling ruangan. Teknik ini bagus untuk dipakai oleh orang yang memiliki tugas yang banyak, melihat waktu mulai menipis, akan meningkatkan fokus Anda dalam menyelesaikan tugas. Menargetkan waktu secara konstan dapat meminimalisir Anda dari kegiatan menunda-nunda.

Demikian teknik pomodoro semoga teknik ini dapat membantu banyak orang untuk melakukan tugasnya dengan baik dan agar cepat selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.